fbpx
Apa itu Smart Home? Dan Apa Fungsinya

Apa itu Smart Home? Dan Apa Fungsinya

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini memang tidak bisa dipungkiri. Teknologi canggih disematkan di berbagai perangkat. Hal yang sama berlaku untuk rumah tangga yang saat ini menggunakan sistem smart home.

Sistem rumah pintar atau smart home system pada dasarnya menggunakan berbagai teknologi canggih untuk memudahkan segala aktivitas penghuninya. Dengan demikian, pemilik rumah dapat meningkatkan produktivitas mereka melalui sistem yang cerdik ini.

Tentu saja, sangat membantu untuk dapat mengontrol berbagai perangkat di rumah dari jarak jauh. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui rumah pintar Anda terlebih dahulu. Pertama, pahami cara kerja rumah pintar dan tinjau berbagai daftar perangkat canggih yang mendukung rumah pintar.

Pengertian Rumah Pintar / Smart Home

Pada dasarnya istilah rumah pintar atau smart home adalah rumah yang dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi pemiliknya. Tentu saja, teknologi harus memudahkan segala aktivitas penghuni rumah.

Sebuah sistem dibangun ke dalam rumah pintar / smart home memungkinkan penghuni rumah mengontrol otomatis melalui perangkat pribadi mereka. Hal-hal umum yang dapat disesuaikan oleh sistem rumah pintar termasuk suhu ruangan, pencahayaan ruangan, dan pengaturan hiburan.

Penghuni rumah dimudahkan dengan adanya sistem akses yang memungkinkan mereka untuk dikontrol kapan saja, di mana saja menggunakan perangkat pribadi mereka.

Seseorang yang menggunakan sistem rumah pintar biasanya membutuhkan beberapa perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet dengan aplikasi pendukung. Dengan cara ini Anda akan terhubung ke semua perangkat di rumah Anda.

Bagaimana cara kerja sistem rumah pintar / smart home ?

Secara umum, sistem rumah pintar bekerja dengan sangat sederhana. Sebuah rumah pintar tentu memiliki pemancar yang berfungsi sebagai pusat kendali. Pemancar ini dapat mengontrol semua jenis perangkat canggih yang terpasang di rumah Anda.

Demikian pula, setiap perangkat keras memiliki chip khusus yang menjadi sensor yang dapat dikendalikan oleh remote control digital. Remote control dapat disinkronkan dengan berbagai perangkat lain seperti ponsel, tablet, dan laptop untuk kontrol yang mudah.

Manfaat Sistem Rumah Pintar / Smart Home

Tentu saja, rumah dengan sistem rumah pintar memiliki banyak manfaat. Dimulai dengan peningkatan keamanan dan diakhiri dengan kenyamanan penghuni rumah. Lalu apa saja keuntungan menggunakan sistem smart home lain :

Meningkatkan Keamanan Rumah

Setiap orang pastinya menginginkan rumah yang aman dari apapun. Oleh karena itu, dengan adanya sistem rumah pintar dapat meningkatkan tingkat keamanan rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan adanya CCTV, smart door lock, dan perangkat lainnya tentu dapat meningkatkan keamanan rumah kamu. Hal ini karena seluruh perangkat yang ada dapat dikontrol oleh satu remote tunggal. Sehingga dapat menambah kenyaman penghuni rumah selain meningkatkan keamanan rumahnya.

Canggih dan Ramah Lingkungan

Peralatan rumah yang telah dilengkapi dengan tekonologi rumah pintar memang akan membuat rumah menjadi ramah lingkungan. Hal ini berkaitan dengan banyak produk rumah pintar yang memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber dayanya.

Selain itu, produk-produk smart home tentunya memberikan kamu teknologi yang canggih untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jadi, kamu akan secara otomatis dimudahkan segala pekerjaan di dalam rumah.

Memudahkan Pekerjaan

Layaknya sebuah teknologi yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan, produk rumah pintar pastinya akan jauh lebih memudahkan seluruh pekerjaan kamu. Hal ini berkaitan dengan kemampuan kontrol hanya menggunakan remote pintar yang dapat kamu atur melalui ponselmu sendiri.

Misalnya saja kamu ingin menyalakan AC dan televisi. Kamu hanya perlu menghubungkan ponselmu kepada dua alat tersebut dan menekan tombol power untuk menghidupkannya.

Kesimpulan

Saat ini penggunaan smart home system memang semakin tidak dapat dihindari. Ada berbagai banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh seperti memudahkan pekerjaan sehari-hari hingga meningkatkan keamanan rumah.

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan rumah yang telah dilengkapi dengan sistem smart home, kamu dapat mengunjungi official website Aura Park di sini.

 

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *